BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 24 November 2009

Anggrek Macan

Bunganya yang berwarna hijau dan kuning kehitam-hitaman ini sangat menarik sekali. Penampilannya yang luar biasa pada saat berbunga, berbunga sekali dalam 2 sampai 4 tahun, bunga yang bertahan sampai dengan 6 bulan dan memiliki 60-100 kuntum bunga per tangkai membuat Anggrek jenis ini dicari begitu banyak orang dan termasuk dalam tanaman langka. Hal inilah yang membuat harganya menjadi demikian mahal.

Foto : Vibizlife/Andreas

Anggrek Macan atau yang dikenal dengan Grammatophyllum Speciosum, kali ini berasal dari Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Biasanya Anggrek Macan ini banyak terdapat di lingkungan panas, hutan tropis yang lembab di Kawasan Malaysia, Sumatera dan Papua.

Merupakan anggrek terbesar di dunia, bisa mencapi 15 ft dan berat 2 ton. Spesies ini berkembang biak dengan spora dan banyak terdapat di pohon bakau dan pohon kelapa.

Pemeliharaannya haruslah hati-hati sekali, karena dia harus selalu dalam keadaan kering, sebaiknya hanya disiram 3 hari 1 kali saja.

Nah, bagi anda yang telah memiliki Anggrek Macan ini, anda dapat memberikan perhatian khusus baginya, karena anggrek jenis ini adalah spesies yang harus kita jaga dan kembangkan karena keberadaannya sudah hampir punah.

0 komentar: